Sunday, February 14, 2016

cara memperbaiki laptop blank hitam pada laptop

Cara memperbaiki laptop blank hitam pada laptop :

Cek Arus Apakah Ada Atau Tidak

Kegiatan yang mendasar yang seharusnya kita lakukan adalah pemeriksaan arus pada laptop tersebut, sebab mungkin saja laptop blank karena memang sedang tidak ada arusnya. Jika arus pada laptop tersebut memang baik baik saja dan lampu pada laptop juga menyala di dalam posisi on maka abaikan langkah ini dan lanjutkan ke step berikutnya.

Kosongkan Arus Yang Ada di dalam Laptop

Mengenai permasalahan Cara Memperbaiki Laptop yang memang mendapatkan kondisi dimana laptop tidak menampilkan apapun kecuali layar hitam maka kita mencoba dulu mengosongkan arus di dalam laptop untuk memastikan semua program berjalan dari Nol. Cara mengosongkan arus tersebut dengan cara mencabut baterai laptop dan menekan tombol power sambil di tahan selama 30 detik. Langkah selanjutnya, silahkan colokan kembali baterainya, Biasanya pada kasus laptop blank layar hitam ini bisa teratasi sampai step ini.

Apa Penyebab Layar Laptop Blank Hitam 

Sudah seharusnya sebelum melakukan perbaikan pada laptop yang rusak, termasuk mengatasi laptop blank tersebut kita harus sudah memahami penyebab laptop tersebut menjadi blank. yang paling penting itu adalah menganalisa kerusakan pada perangkat keras dan perangkat lunak pada laptop tersebut, saya sangat merekomendasikan anda membaca seri belajar Lengkap Teknisi Komputer Laptop Karya Qbonk Media Group

Panel Display rusak

Kita harus memastikan apakah Panel Display pada laptop yang mengalami kerusakan, maka cobalah hubungkan laptop dengan monitor eksternal. ubah mode layar melalui keyboard laptop dari mode layar internal ke mode layar eksternal. jika layar eksternal berhasil menayangkan display maka bisa dipastikan kerusakan ada di panel display internal. layar eksternal bisa berupa monitor CRT jika output berupa monitor (VGA) port, atau HDTV jika output berupa HDMI. kerusakan di panel display ada beberapa yaitu diantaranya: kerusakan di inverter, kabel fleksibel, dan LCD. kalau ada gambar tipis seperti bayangan di LCD, maka kemungkinan yang rusak adalah lampu LCD (CCFL), atau kabel fleksibelnya.
Daftar seri laptop yang sering terkena black screen :
seri HP TX1000, seri Sony Vaio VGN, dan seri lainnya yang kebanyakan memakai nVidia seri 8400 dan 8600. nVidia seri GeForce 8400 dan GeForce 8600 keluaran sekitar tahun 2008 an terkenal paling sering rusak setelah digunakan antara 2 sampai 4 tahun, hal ini memang karena ada kesalahan produksi. tetapi nVidia sudah memperbaikinya untuk produk-produknya yang baru.

Apakah kerusakan pada VGA Laptop


Kerusakan chipset VGA umumnya dialami oleh VGA laptop yang dedicated semisal dari nVidia atau Ati. kerusakan VGA dari Chipset integrated misal VGA Intel sangat jarang terjadi, kerusakan VGA yang terjadi berbandingannya sekitar 10 dedicated berbanding 1 integrated. yang sering terkena pada bagian VGA adalah soket chipset, memori RAM VGA dan chipset GPU nya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

Blog Archive

Blogger templates