Sunday, February 14, 2016

Laptop Sering Mati Sendiri

Penyebab yang paling umum penyebab laptop kita sering mati adalah "OVERHEAT", yang artinya suhu pada prosessor laptop kita itu sudah melebihi batas untuk bekerja sehingga prosessor akan mengirimkan sinyal kepada mainboards untuk mematikan semua system sehingga tidak terjadi Overheating yang akan mengakibatkan laptop meleleh dan rusak.

Untuk memperbaiki kondisi seperti ini kita perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut :

  1. Memasang Cooling Pad (Kipas Pendingin)

    Kipas pendingin berfungsi untuk menyalurkan udara dingin dari luar kedalam laptop sehingga laptop menjadi dingin dan bisa mencegah overheat. Bila tidak berhasil, lanjut kebawah.

    laptop sering mati sendiri
  2. Meniup lubang udara menggunakan blower.

    Berfungsi untuk meniup debu-debu yang menempel pada rongga udara tempat dilepaskan udara panas dari prosessor. Sehingga udara panas pada prosessor tidak terhambat sehingga membuat prosessor cepat panas. Bila tidak berhasil, lanjut kebawah.
    laptop sering mati sendiri
  3. Servis Software

    Uninstal software-software yang tidak diperlukan untuk mengurangi beban kinerja RAM. Sehingga membuat kinerja RAM akan meningkat karna sudah tidak perlu menjalankan software-software yang tidak penting. Bila tidak berhasil, lanjut lagi.
  4. Cek Baterai

    Cek kesehatan baterai diperlukan karna kalau baterainya sudah rusak atau soak maka bisa saja tiba-tiba baterai tersebut kehilangan arus yang akan membuat laptop kita mati secara tiba-tiba.
  5. Membersihkan Debu

    Membersihkan debu, dan bila anda tidak menguasai hardware laptop sebaiknya anda bawa ke tempat service komputer terdekat anda. Karena untuk membersihkan debu kita harus membongkar laptopnya. Bisa saja debu di dalam laptop sudah terlalu banyak sehingga menyebabkan panas berlebih.
  6. Mengganti Pasta Prosessor

    Pasta Prosessor berfungsi untuk menetralisirkan panas prosessor dan apabila pasta tersebut sudah kering makan kinerjanya akan menurun sehingga menyebabkan overheat. Segeralah mengganti pasta prosessor tersebut untuk membuat suhu panas di prosessor menjadi stabil. Bawalah ketempat service terdekat.
  7. Service Hardware

    Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah menservice Hardware laptop. Karna bisa saja hardware laptop kita sudah lemah dan tidak bisa bekerja maksimal, sehingga menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Dan cara ini harus dilakukan oleh ahli Teknisi Komputer.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang sering mati-mati sendiri. Dan tips dari saya adalah :
  1. Jangan pernah menggunakan laptop di atas kasur sehingga menghambat keluarnya udara panas dari dalam laptop dan akan mudahnya debu akan masuk ke dalam rongga udara tersebut.
  2. Gunakan alas yang datar dan Bersih.
  3. Hindari bermain dibawah panas matahari secara langsung.
  4. Service laptop anda minimal 2 bulan sekali
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

Blog Archive

Blogger templates